Cari Artikel Lainnya

Kesalahan Dalam Wawancara Kerja

Mencari pekerjaan menjadi sesuatu yang pasti dihadapi oleh para lulusan sekolah dan perguruan tinggi. Dalam hal ini, mencari pekerjaan memang menjadi proses berburu yang cukup menguras tenaga. Bersyukurlah anda yang saat ini sudah dan masih mempunyai pekerjaan. Oleh karena itu, bagi para pencari kerja Anda perlu memperhatikan kesalahan dalam wawancara kerja yang seringkali terjadi. Senantiasa waspada lah karena wawancara
kerja merupakan moment dimana Anda harus meyakinkan sang pewawancara. Namun demikian, banyak orang melakukan kesalahan dalam wawancara kerja yang selanjutnya menjadi penghalang untuk mendapatkan pekerjaan. Karenanya, simaklah rangkuman Info Share mengenai kesalahan dalam wawancara kerja berikut ini.
==================================================
Sebuah survei terbaru yang dilansir Forbes menunjukkan, sebanyak 38 persen pelamar kerja yang diwawancara hanya sedikit bahakan tidak memiliki pengetahuan mengenai perusahaan yang mereka lamar. Hal ini diungkapkan para manajer senior di Amerika yang mewawancarai pencari kerja.
Survei yang dilakukan firma riset independen ini menjabarkan kesalahan yang biasa dilakukan pencari kerja saat wawancara kerja. Survei melalui telepon ini dilakukan pada 1.000 manajer senior di perusahaan yang memiliki 20 atau lebih karyawan. Demikian seperti dikutip dari Forbes, Jumat (5/8/2011).

Sebanyak 20 persen manajer menyatakan, kesalahan yang paling sering dilakukan pelamar kerja adalah tidak siap membahas keterampilan dan pengalamannya. Sementara 14 persen manajer menyebutkan, para pencari kerja tidak siap bila ditanya rencana dan tujuan kariernya.

Selama wawancara kerja, kontak mata dinilai sangat penting. Sebanyak 10 persen manajer mengungkapkan, pencari kerja kurang melakukan kontak mata saat wawancara. Datang tepat waktu juga sangat penting saat wawancara kerja. Pasalnya sebanyak sembilan  persen manajer menyatakan kesalahan umum yang dilakukan pencari kerja adalah datang terlambat. Sebanyak sembilan persen manajer menyatakan kesalahan yang biasa terjadi adalah pencari kerja kurang menunjukkan antusiasmenya.

Disarankan, sebelum melakukan wawancara kerja, pelamar sebaiknya mencari tahun melalui situs perusahaan. Cara lainnya adalah melakukan pencarian menyeluruh melalui Google News. Jika kamu melamar ke perusahaan yang go public, kamu bisa mencari di Yahoo Finance mengenai data dan kegiatan perdagangan terbaru perusahaan tersebut.

Atau jika ingin mengenal lebih jauh, kamu bisa menggunakan layanan situs LinkedIn. Masukkan nama perusahaan tempat kamu melakukan wawancara kerja, dan akan terlihat koneksi kamu yang bekerja di perusahaan tersebut atau seseorang yang mengetahuinya. Kemudian, tanyakan kepada koneksi kamu melalui surat elektronik apakah bisa bertanya mengenai perusahaan tersebut.
Source:Oke
==================================================
Perhatikan dan camkanlah kesalahan dalam wawancara kerja dalam paparan di atas. Jangan sampai Anda melakukannya saat Anda sedang dalam wawancara kerja. Kesalahan dalam wawancara kerja di atas kiranya menjadi tambahan tips mencari kerja bagi Anda. Selamat bekerja.

Artikel Serupa:

Cari Artikel dari Google: