Cari Artikel Lainnya

Cara dan Trik Menghindari Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga

Beberapa macam faktor dapat menjadi pemicu masalah dalam keluarga, antara suami-istri. Salah satunya adalah masalah keuangan. Sangat memalukan sekiranya hal ini terjadi, karena seyogyanya keluarga menjadi tempat paling nyaman dari masalah. Karena itu, apakah cara dan trik untuk menghindari masalah keuangan dalam keluarga? Ada beberapa cara dan trik menghindarimasalah keuangan dalam Rumah
Tangga. Dalam kesempatan kali ini Info Share merangkumnya untuk Anda.
==================================================
Berikut ini adalah cara dan trik menghindari maslaah keuangan dalam keluarga,  lakukan beberapa solusi seperti dilansir Howtodothings.

Berhentilah menyalahkan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah berhenti berdebat dan saling menyalahkan pasangan. Tidak peduli siapa yang menjadi sophaholic atau menghabiskan uang untuk membayar hutang, namun setidaknya hadapi isu ini bersama dengan kepala dingin. Ingat ketika Anda menikah, maka masalah keuangan merupakan tanggung jawab bersama. Jadi, buatlah penyelesaian secara bijak untuk mengatasi hal tersebut.

Akuilah jika ada masalah

Ketimbang saling menyalahkan, terima sajalah bahwa memang ada masalah keuangan dalam hubungan Anda saat ini. Penolakan tidak akan membuat hubungan dan kondisi bertambah baik. Hal terpenting untuk dilakukan adalah pelajari keterampilan mengelola keuangan dengan benar.

Anggap pasangan sebagai “partner” manajer keuangan dan bukan sebagai musuh

Untuk berhenti berdebat, Anda perlu menyetop perlakuan saling menyalahkan satu sama lain sebagai lawan. Anda perlu mengingatkan diri bahwa Anda dan pasangan adalah satu tim. Jika salah satu pasangan Anda sedang down atau lemah di satu sisi, maka Anda pun harus membantu menaikkan semangatnya kembali. Jadi, tidak ada istilah utang suami atau utang saya. Perlakukan hal-hal seperti suami istri, sehingga Anda dapat bekerja sama memecahkan tagihan-tagihan tersebut. Anda berdua perlu belajar memahami kesehatan keuangan dan hubungan. Bergiliran satu sama lain membayar tagihan dan mengecek laporan rekening bank bersama-sama adalah solusi bijak yang bisa ditempuh.

Jujur satu sama lain

Jangan sembunyikan masalah keuangan dari pasangan Anda. Kejujuran merupakan bagian integral yang menyangkut kelangsungan hidup dari setiap hubungan dan itu termasuk keuangan di dalamnya.

Jangan menilai pasangan Anda

Uang merupakan manifestasi dari masalah lain yang bisa memicu terjadinya konflik besar dalam hubungan Anda. Jadi jika ingin berhenti berdebat, Anda harus belajar untuk memisahkan perilaku keuangan tidak bertanggung jawab yang biasanya dilakukan. Jangan hanya karena istri Anda memiliki banyak utang kartu kredit membuat dirinya jadi tidak dicintai lagi. Begitu juga ketika suami tidak memiliki cukup banyak uang, Anda pun merubah perilaku dengan merendahkan dirinya dan tidak memberikan posisi strategis untuknya selaku kepala rumah tangga.
Source:oke
================================================
Kesimpulannya, ada baiknya kita tidak saling menyalahkan hanya masalah keuangan. Namun ada baiknya kita saling introspeksi diri untuk menghindari masalah keuangan dalam keluarga. Cara dan trik menghindari masalah keuangan dalam keluarga ini haruslah diterapkan dengan baik agar hubungan suami dan istri senantiasa berjalan dengan harmonis.

Artikel Serupa:

Cari Artikel dari Google: