Cari Artikel Lainnya

Tips Mengajukan Kenaikan Gaji Kepada Atasan

Anda kartawan dan sudah bertahun-tahun belum mendapatkan kenaikan gaji.?Pasti menyebalkan ya. Untuk menyikapi hal ini, ada beberapa tips untuk mengajukan kenaikan gaji kepada atasan yang mungkin bisa Anda gunakan.
=======================================
Mengajukan kenaikan gaji pada atasan memang jadi dilema tersendiri, karena biasanya ada perasaan takut akan dianggap lancang atau kurang pantas. Namun jika Anda merasa sudah memiliki performa kerja yang baik, tidak ada salahnya mencoba untuk mengutarakannya.Inilah beberapa kiat untuk membantu Anda mendapatkan kenaikan gaji yang layak didapatkan, seperti dikutip dari sheknows:

1. Bicarakan Sesegera Mungkin
Jika sudah yakin Anda memang layak menerima kenaikan gaji, maka jangan ragu untuk membicarakan pada atas sesegera mungkin. Karena Anda mungkin masih harus menyiapkan beberapa persyaratan yang diminta perusahaan.

2. Tunjukan Antusiasme dan Kontribusi Anda
Perlihatkan pada atasan bahwa Anda bersemangat dengan pekerjaan yang dijalankan. Sikap yang antusias menunjukan bahwa Anda memiliki kualitas dan kontribusi tinggi terhadap perusahaan.

3. Realistis
Cari tahu berapa rata-rata gaji rekan kerja Anda di bidang dan posisi yang sama. Setiap perusahaan biasanya menggunakan standar gaji berbeda. Melakukan riset ini berguna sebagai bayangan Anda mengenai berapa gaji yang seharusnya Anda dapatkan, bukan untuk membandingkan gaji Anda dengan rekan kerja.

4. Deskripsikan Apa Saja Pencapaian Anda
Deskripsikan secara detail pekerjaan dan pencapaian Anda untuk perusahaan. Agar perusahaan dapat mengevaluasi kemampuan Anda.

5. Analisa Form Penilaian Performa Kerja
Jika Anda telah diberikan form penilaian performa kerja, jangan lupa untuk mempelajarinya. Perhatikan dengan baik apa saja kelebihan dan kekurangan Anda, setelah itu cari tahu solusinya agar kekurangan Anda dapat diperbaiki.

6. Siapkan Segala Dokumen
Siapkan segala sesuatu secara jelas dan ringkas dalam dokumen, mengenai apa saja kontribusi Anda pada perusahaan. Kemudian dengarkan baik-baik apa yang atasan Anda katakan mengenai pengajuan kenaikan gaji Anda. Bila perlu, bersiaplah untuk berkompromi agar keinginan Anda terpenuhi. Saat ini, Anda harus menyiapkan kekuatan dan alasan mengapa Anda pantas untuk mendapatkan kenaikan gaji.

7. Berlatih Berbicara Kepada Atasan
Anda pasti akan tegang karena khawatir tidak dapat menjawab pertanyaan atasan kenapa Anda pantas menerima kenaikan gaji. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda latihan dengan rekan kerja yang mampu mengritik jawaban Anda dan memberikan umpan balik.

8. Mencoba Kembali
Jika permohonan Anda tidak dikabulkan karena alasan tertentu, maka Anda harus tetap berterima kasih untuk kesediaanya mendengarkan penjelasan Anda. Jangan patah semangat, tetaplah mencoba dengan mengajukan kembali permohonan Anda minimal tiga bulan setalah penolakan permohonan gaji. Gunakan waktu tersebut untuk meningkatkan performa kerja Anda.
Source:wolipop

Artikel Serupa:

Cari Artikel dari Google: