Cari Artikel Lainnya

Mobil Listrik Bergaya Rumahan

Pernah membayangkan jika semua kendaraan di muka bumi bertenaga listrik?Wahhh,,,,sepertinya keren ya. Tinggal nge charge aja di rumah dan nggak perlu membeli bensin. Nah, di artikel berikut mengenai mobil listrik gaya rumahan, kendaraan bertenaga listrik mungkin ini bisa jadi sebuah langkah awal menuju era tersebut. Seperti apa sih?
================================================
Bila produsen mobil dunia mengeluarkan jutaan dolar untuk membuat penelitian dan mengembangkan mobil listrik, seorang broker rumah bernama George Fortin tidak butuh hal itu. Dia bahkan bia membuat dan merancang serta membangun sebuah mobil listrik sendiri.

Mobil listrik bernama Z-Kart yang dibangun Fortin merupakan mobil dengan model buggy yang hanya bisa memuat satu penumpang.

Z-Kart yang dibuat pria yang tinggal di San Clemente, California ini mampu berlari dengan kecepatan tertinggi 64,3 km per jam dan dapat menjelajah jalanan sejauh 32 kilometer.

Fortin seperti detikOto kutip dari Gizmagz, Selasa (12/4/2011) mengaku kalau dirinya telah tertarik membangun sebuah kendaraan bermotor sejak dia masih kecil. Ketika membangun mobil ini, Fortin terinspirasi dari mobil radio control milik anaknya.

Sebenarnya dia ingin membentuk sebuah mobil listrik sebagaimana sebuah mobil, tapi akhirnya dia merasa hal itu terlalu kompleks hingga akhirnya dia memutuskan untuk menyederhanakan mobil buatannya itu dan jadilah Z-Kart.

Z-Kart memiliki berat hanya 136 kg dan didukung oleh motor listrik DC 72-volt yang mendapat tenaga dari enam baterai timbal-asam. Pemilihan baterai jenis timbal ini didapat karena Fortin menganggap baterai jenis ini lebih hemat biaya daripada lithium ion.

Sementara untuk waktu pengisian daya, Z-Kart membutuhkan waktu sekitar 3 jam dengan asupan listrik 110 volt.

Frame mobil ini dibuatnya sendiri, sementara remnya dicomot dari rem gokart. Ada pun ban yang menyokong Z-Kart merupakan ban yang biasa digunakan oleh motor.

Dan meski pun tidak berniat untuk menjualnya, tujuan Fortin untuk merancang mobil lini cukup mulia. Dia menginginkan kemampuannya membuat mobil listrik sendiri bisa mengispirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Source: detik

Artikel Serupa:

Cari Artikel dari Google: