Cari Artikel Lainnya

9 Cara Ampuh Mengatasi Ketegangan dalam Asmara

Tidak ada orang yang mengharapkan ketegangan dalam hubungan asmaranya, jika asa , pastinya orang tersebut sudah tidak normal. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kadang ketegangan dalam hubungan asmara tidak dapat dihindarkan. Ketegangan dalam hubungan asmara dapat berasal dari faktor internal maupun external. Lalu, bagaimana cara mengatasi ketegangan dalam hubungan asmara? ada 9 cara ampuh mengatasi ketegangan asmara. Berikut 9 cara ampuh mengatasi ketegangan dalam hubungan asmara.
===================================================
Cobalah selesaikan permasalahan dengan kepala dingin,menahan emosi dan berpikir jernih. Berikut 10 tips yang dapat mengatasi stres dan menurunkan ketegangan dalam percintaan dan rumah tangga, dikutip oleh Times of India.

1. Pencegahan
Jika stres berasal dari faktor di luar rumah tangga, seperti masalah dengan teman teman atau kerjaan, jangan melampiaskannya pada pasangan. Lebih baik tarik napas dalam-dalam, mandi air hangat dan minum teh hangat. Anda bisa menceritakan masalah tersebut ketika hati dan pikiran sudah lebih tenang.

2. Memahami Diri Sendiri
Saat stres, Anda perlu belajar untuk mengendalikan diri. Evaluasi perasaan Anda dan jangan memperlakukan pasangan dengan buruk.

3. Menjaga Jarak untuk Sementara
Biarkan Anda dan pasangan memiliki waktu sendiri untuk beberapa saat. Hal tersebut merupakan cara yang efektif untuk mencegah konflik terus bermunculan. Buatlah pasangan Anda memahami mengapa Anda menjaga jarak.

4. Bertanggung Jawab
Sadarlah dengan kewajiban masing-masing untuk menjaga keharmonisan hubungan. Bila sudah menikah, Anda dan pasangan bertanggung jawab atas keutuhan rumah tangga. Jangan biarkan ketegangan muncul dan menghancurkan hubungan yang sudah lama terjalin.

5. Coba untuk Tidak Cemas
Kecemasan bisa terjadi saat semuanya tidak berjalan lancar seperti yang Anda rencanakan bersama pasangan. Jangan menyikapi kegagalan tersebut dengan saling adu argumen dan menarik urat. Pikirkan baik-baik dan diskusikan kenapa rencana yang Anda buat bisa gagal. Biasakan selalu memikirkan rencana B dalam setiap perencanaan yang Anda buat. Hal tersebut dapat membuat Anda siap dan tidak cemas ketika sesuatu berjalan tidak semestinya.

6. Jangan Diam Saja
Bila Anda berada di bawah tekanan, hal termudah untuk dilakukan adalah menyerah. Tapi jika Anda selalu menyerah pada masa-masa sulit, tekanan tersebut akan menghantui seumur hidup Anda. Cobalah berani menghadapi tantangan, dan Anda akan terbentuk menjadi pribadi yang lebih matang dan tahan banting.

7. Fleksibel
Anda harus mampu mengidentifikasi situasi dan apa yang akan terjadi. Bila Anda tahu bahwa situasi tersebut tidak sesuai dengan keinginan Anda, cobalah untuk fleksibel.

8. Mengalihkan Pikiran
Ketika Anda merasa hubungan sedikit tegang, alihkan pikiran Anda dari segala hal berbau negatif. Lakukan aktivitas yang membuat Anda sibuk. Mengalihkan pikiran akan dapat mengurangi stres dalam hubungan.

9. Minta Pendapat Orang Lain
Meminta konsultasi untuk mendapat nasihat bukanlah pilihan buruk. Tidak harus dengan psikolog atau konsultan pernikahan. Anda bisa berkonsultasi dengan teman atau keluarga dekat. Bicarakan bagaimana situasi Anda saat ini dan apakah mereka pernah mengalami hal yang sama. Dengan begitu Anda dapat belajar dari pengalaman orang lain dan bisa menerapkannya sendiri pada hubungan Anda. Tapi ingat, setiap masalah pasti perlu penyelesaian berbeda, tergantung karakter masing-masing orang. Lihat dulu apakah solusi tersebut sesuai untuk Anda.
Source:wolipop
==================================================
Memang sering kita mengeraskan hati saat terjadi ketegangan dalam hubungan asmara. namun ada baiknya Anda mencoba 9 cara mengatasi ketegangan dalam hubungan asmara di atas. Dan sekiranya 9 cara mengatasi ketegangan dalam hubungan asmara di atas dapat menguatkan hubungan Anda dan pasangan Anda.  

Artikel Serupa:

Cari Artikel dari Google: