Cari Artikel Lainnya

Tanda-tanda Orang yang Rawan Terhadap Serangan Jantung

Penyakit memang sesuatu yang tidak diharapkan oleh siapapun. Oleh karenanya, beberapa orang rela membeli insurance demi melindungi biaya jika suatu saat mereka terkena penyakit. Salah satu penyakit yang berbahaya adalah serangan jantung. Serangan jantung dapat bahkan menyebabkan kematian mendadak bagi sang korban. Lalu, siapa saja orang yang rawan terkena serangan jantung? Ada beberapa tanda orang-orang yang rawan terkena serangan jantung, berikut InfoShare merangkum bagi Anda.

=================================================
Lalu siapa orang-orang yang rawan terkena serangan jantung?

1. Orang dengan kadar kolesterol tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi akan mempercepat terjadinya proses aterosklerosis yaitu penyumbatan pembuluh darah. Kadar kolesterol bagi orang dewasa sebaiknya tidak lebih dari 200 mg/dl.

Jumlah total kolesterol dikatakan normal jika di bawah 200 mg/dl dan tinggi jika di atas 239 mg/dl. Jumlah kolesterol LDL (jahat) harus di bawah 150 mg/dl. Jumlah kolesterol HDL (baik) harus di atas 35 mg/dl. Jumlah kadar trigliserida harus di bawah 200 mg/dl. Hal lain yang juga tidak kalah pentingnya adalah rasio kolesterol LDL dan kolesterol HDL yang kurang dari 3,5.

2. Orang dengan tekanan darah tinggi (hipertensi)
Berdasarkan data WHO tekanan darah normal pada orang dewasa adalah 140/90 mmHg. Orang yang memiliki tekanan darah tinggi lebih berisiko terkena serangan jantung dan stroke. Seseorang dinyatakan menderita hipertensi bila tekanan darahnya di atas 140/90 mmHg.

3. Orang dengan kadar gula darah yang tinggi
Kadar gula darah normal sebelum makan ada di kiasaran 80-120 mg/dl dan setelah seharian terisi makanan 100-140 mg/dl. Kadar gula di atas 140 mm/dL pada saat tidak berpuasa harus dicurigai sebagai suatu diabetes mellitus.

Diabetes secara signifikan dihubungkan dengan kematian dini akibat penyakit pembuluh darah. Komplikasi diabetes pada mata, ginjal, dan saraf secara signifikan memberikan beban sakit yang sangat berat. Diabetes meningkatkan risiko stroke dan jantung sampai dengan 3 kali lipat. Untuk itu pertahankan kadar gula darah pada angka 80 mg/dL untuk mencegah pembentukan plak pada dinding pembuluh darah.

4. Orang dengan kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok bisa menyebabkan serangan jantung karena mempercepat terjadinya aterosklerosis karena adanya iritasi pada dinding pembuluh darah sehingga mempercepat kolesterol mengendap, mempermudah terjadinya pembekuan darah yang dapat menyumbat saluran pembuluh darah serta menurunkan kadar kolesterol baik.

5. Orang yang mengalami kelelahan serius
kelelahan fisik dan mental bisa memicu berbagai penyakit kronis, seperti gangguan pencernaan, gangguan sistem jantung serta penurunan daya tahan tubuh. Kondisi tubuh yang lelah ditambah dengan konsumsi rokok terus menerus dan berbagai suplemen dan minuman yang mengandung ginseng dan kafein bisa memperburuk keadaan yang mengakibatkan seseorang terkena serangan jantung.

6. Orang dengan berat badan berlebih

Obesitas dihubungkan dengan penurunan sensitivitas insulin yang berujung pada Diabetes Melitus, peningkatan kadar lemak darah (trigliserid dan kolesterol), dan peningkatan tekanan darah.

Pertahankan lingkar perut kurang dari 80 cm untuk perempuan dan kurang 90 cm untuk pria. Lingkar perut yang berlebih (pada ras Asia : > 90 cm pada laki-laki dan > 80 cm pada perempuan) secara signifikan meningkatkan risiko stroke dan jantung sampai dengan 2 kali lipat.
Source:detik
==================================================
Artikel di atas bukanlah bertujuan untuk menakut-nakuti Anda. Namun sebaliknya, dengan dipaparkannya tanda-tanda orang-orang yang rawan terhadap serangan jantung Anda dapat semakin waspada dan menjaga kesehatan Anda. Salam sehat !!

Artikel Serupa:

Cari Artikel dari Google: