Cari Artikel Lainnya

Facebook Sebagai Media Pembelajaran

Sebagai lulusan jurusan pendidikan, saya sangat tertarik dengan artikel berikut. Bagaimana tidak, facebook yang merupakan sarana hiburan saja bagi saya digagaskan untuk dapat menjadi salah sarana pengajaran. Berikut petikan bagaimana Facebook bisa digunakan sebagai sarana pengajaran.
====================================
Siapa yang tak kenal aplikasi jejaring Sosial yang marak nya bukan main. Dengan bermodal alamat e-mail kita bisa membuat akun di Facebook dan berteman dengan siapa
saja.  Bukan cumaberteman bahkan mencari jodohpun bisa kita lakukan di Facebook, seperti saya…hehehe….lanjuuuttt…..

Dengan maraknya Facebook apalagi dikalangan usia sekolah dengan melihat sisi positifnya ini bisa digunakan sebagai media pembelajaran, sebut saja e-learning atau media pembelajaran online. Kenapa Online, karena kita terhubung dengan media komunikasi secara global, sebut saja media itu adalah internet. Interconnected Networking atau sebut saja internet memberikan segala yang kita butuhkan,misalnya ketika kita pusing memikirkan barang apa yang pantas kita berikan ke pacar, kita bisa cari tahu melului referensi-referensi yang ada di Internet.

Kembali ke Facebook, situs jejaring sosial ini selain untuk pertemanan juga bisa digunakan sebagai media pembelajaran, itu pun diperuntukan bagi guru / dosen / tenaga pendidik yang mau inovatif, bagi yang belum inovatif silahkan tulisan ini diaplikasikan. Bukan berarti dengan menggunakan Facebook menjadi media pembelajaran terus sang guru dibilang inovatif, tapi setidaknya jalan alternatif menjadi inovatif yaitu menggunakan Facebook.

Melihat siswa yang mulai menggunakan Facebook kemudian disuruh untuk bergabung dengan Facebook yang digunakan jadi media pembelajaran ini akan semakin memotifasi siswa dalam berinteraksi dengan sang guru. Ini disebabkan kita bisa berinteraksi dimana saja, kapan saja dan tidak hanya di sekolah saja. Apalagi dengan fasilitas yang disediakan facebook diantaranya update status bisa digunakan sebagai pemberitahuan kalau ada materi yang perlu siswa ketahui, kemudian ada fasilitas Forum Diskusi dan ini bisa digunakan sebagai media diskusi antar siswa dalam menanggapi suatu materi pembelajaran, dan masih banyak fasilitas-fasilitas yang lainnya.

Mulai tertarik dengan menjadikan Facebook sebagai Media Pembelajaran, mari dan cepat kita laksanakan dan aplikasikan dan jadilah seorang tenaga pendidik yang inovatif dalam proses pembelajaran.

Source:blogdetik.com

Artikel Serupa:

Cari Artikel dari Google: